Sahabat pembaca Info CPNS 2017-2018-2019, sudah tahukah anda bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Agama bakal menyusul Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung untuk merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru.

Hanya saja, baik kuota maupun formasi yang dibutuhkan kedua kementerian tersebut masih menunggu restu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto, pihaknya sudah mengirimkan surat resmi dari kepada Kementerian PAN-RB. 

"Kurang lebih ada 7.000 kuota CPNS disediakan untuk pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan. Namun secara formal kita masih menunggu surat resmi dari Kementerian PANRB, begitu dapat kita langsung umumkan," ujar Hadiyanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kebutuhan pegawai di lingkungan Kemenkeu tersebut diakuinya mengalami kenaikan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan angka penerimaan pajak, penerimaan perpajakan di Bea Cukai, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pelaporan pajak.

Pada lowongan CPNS kali ini, lanjut Hadiyanto, tidak hanya dikhususkan untuk lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Porsinya, kurang lebih 4.000 kursi untuk lulusan STAN, sedangkan sisanya sekira 2.800 untuk jalur umum.

"Penerimaan orang dari luar STAN supaya mix, expertise, mix perbedaan background tidak semuanya dari STAN. Makanya kita ajukan dari luar STAN supaya ada interaksi dari latar pendidikan, kemampuan," tambah dia.

Bagaimana dengan rekrutmen CPNS Kementerian Agama (Kemenag)? Kepala Biro Informasi dan Humas Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki menuturkan untuk kuota CPNS baru Kemenag hanya untuk formasi dosen. 

Kuota CPNS baru yang disiapkan, kata Mastuki, mencapai 1.000 kursi. Kuota tersebut nantinya disebar ke-71 unit perguruan tinggi di bawah Kemenag. 

"Termasuk perguruan tinggi di Mataram. Itupun untuk dosen yang sangat kekurangan atau prioritas," kata Mastuki.

Ia menambahkan, ada sebelas kampus yang mendapatkan alokasi CPNS baru sebanyak masing-masing 20 orang. Kampus lainnya mendapatkan kuota 15 orang dan paling sedikit 10 orang.

Adapun sebelas kampus yang mendapatkan kuota 20 orang CPNS baru yakni UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Sementarap IAIN Jember, IAIN Ponorogo, dan IAIN Tulungagung,  masing-masing mendapatkan 15 kursi CPNS baru. Di luar itu, kampus seperti Universitas Islam Negeri Mataram, akan mendapatkan 10 kuota.

Mastuki mengatakan, tahap yang berlangsung saat ini masih menentukan formasi. Urusan kapan dibuka pendaftaran, jika sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian PAN-RB. 

Sekadar informasi, sebelumnya Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung (MA) juga telah mengumumkan lowongan untuk CPNS sebanyak 19.210 kursi. Rencananya pendaftaran di keduanya dibuka 1-31 Agustus depan.

Berita ini bersumber dari KORPRI.