Sahabat pembaca Info ASN dan Pensiunan, sudah tahukah anda bahwa Taspen Lampung mengadakan enrollment pensiun bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanggal 1 September-30 November 2018. Enrollment pensiun bertujuan memudahkan pensiunan PNS untuk mengambil uang pensiun.

Kepala Bidang Kas dan Verifikasi SPJ Taspen Lampung selaku Koordinator Enrollment Pensiun Lampung Dwi Adi Sulistyo mengatakan, enrollment pensiun merupakan perekaman biometrik berupa sidik jari, suara, dan wajah.

Enrollment pensiun diadakan di 16 mitra bayar Taspen yang terdiri dari kantor pos dan 15 bank. Ditargetkan, 56.140 pensiunan PNS di Lampung bisa mengikuti enrollment pensiun. Kalaupun ada yang tidak bisa ikut misal karena sudah tua atau sakit, akan ada layanan kunjungan.

Setelah enrollment pensiun selesai, para pensiunan akan mendapatkan taspen smart card yang berfungsi sebagai kartu atm untuk mengambil uang pensiun di atm bank manapun di seluruh Indonesia dan uang pensiun itu tidak akan terkena potongan. Selain itu bisa juga berfungsi sebagai loyalti atau diskon di beberapa merchant.

Kemudian untuk otentifikasi yang harus dilakukan sebelum mengambil uang pensiunan, cukup dilakukan di aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Hanya saja apa nama aplikasi saat ini belum bisa dipublikasikan.

"Dengan adanya ini, pensiunan PNS tidak perlu lagi datang ke mitra bayar untuk melakukan otentifikasi yang menyatakan kalau pensiunan masih hidup, serta untuk mengambil uang pensiunan, kata Dwi, Sabtu, 1 September 2018.

Berita ini bersumber dari Tribun Lampung